Banyak rekan-rekan guru yang bingung dengan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang saat ini sedang berjalan. Ada beberapa sekolah ternyata masuk kategori IKM Mandiri Belajar. Tetapi tidak sedikit yang menjalankan Kurikulum Merdeka karena masuk dalam kategori IKM Mandiri Berubah. Keresahan dan kebingungan itu makin bertambah karena Kementrian Pendidikan tidak menyelenggarakan pelatihan sebagaimana dilakukan saat awal pelaksanaaan Kurikulum 2013. Ada beberapa guru terpilih yang kemudian menjadi Instruktur Kabupaten atau Instruktur Nasional. Mereka bertugas menjadi narasumber dan melakukan pelatihan bagi guru-guru untuk pelaksanaan Kurikulum 2013.

Berbeda dengan IKM ini, Kementrian Pendidikan tidak melakukan pemilihan instruktur baik nasional maupun kabupaten, juga tidak melakukan pelatihan. Guru diminta untuk belajar mandiri. Tentu ini hal yang baru bagi sebagian besar guru. Kebingungan mulai melanda. Tidak tau harus mulai dari mana, apa yang harus dilakukan.

Ternyata Kementrian Pendidikan sudah mengantisipasi dan menyiapkan semuanya untuk menjawab kebingungan dan kegalauan para guru. Platform Merdeka Mengajar (PMM) hadir untuk hal itu. PMM merupakan suatu paket komplit untuk memenuhi kebutuhan guru. Didalamnya guru dapat mengajar, belajar dan berkarya. Ada beberapa fitur untuk hal itu. Silahkan klik PMM 

 

Pelatihan Mandiri dalam PMM dibuat untuk guru belajar secara mandiri dan fleksibel. Dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Ada beberapa topik ditampilkan terkait IKM seperti Merdeka Belajar, Kurikulum Merdeka dan banyak lainnya. Materi disajikan dengan sederhana dan mudah diakses. Terdapat video singkat dengan tampilan menarik dan mudah dicerna terkait topik pelatihan. Ada pula refleksi dan posttest untuk mereview pemahaman guru terhadap materi. Setelah unggah aksi nyata dan divalidasi maka guru akan mendapat sertifikat.

Hal ini saya sampaikan kepada para guru SD yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru Gugus III Dewantara Kec. Lubuk Raja Kab. Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatra Selatan 16 Agustus 2022. Berikut dokumentasi kegiatan.


 

Post a Comment

Powered by Blogger.