Pendidikan adalah tempat persemaian behin-benih kebudayaan dalam masyarakat. Pendapat KHD tentang pendidikan adalah
- Menuntun perilaku hidup
- Memanusiakan manusia
- Menjadikan anak berkembang sesuai dengan kodrat alam dan zaman
- Menanamkan budi pekerti
Menurut KHD Pendidikan itu menuntun. Menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat. Pendidikan itu hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak.
Setelah memahami pendidikan menurut KHD maka tugas pendidik bukan hanya mengajar, tetapi lebih dari itu. Banyak peran yang dilakoni pendidik dalam perannya di sekolah antara lain sebagai
- Suri tauladan
- Fasilitator dalam kegiatan pembelajaran
- Sumber kasih sayang ketika anak berada di sekolah
- Pembelajar sejati
Sedangkan Peserta didik di mata KHD tidak sekedar seseorang yang ingin belajar dan harus menurut apa yang diinginkan sang guru. Peserta didik dimata KHD antara lain memiliki karakter dan potensi yang beraneka ragam, menjadikan anak sebagai subjek belajar, Selalu bahagia dan selamat dalam menempuh pendidikan, memiliki karakter profil pelajar pancasila.
Silahkan simak video berikut
Post a Comment