Salah satu Fitur Pendukung Rumah Belajar adalah m-edukasi, yang merupakan buatan dari BPMPK. BPMPK adalah Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan yang merupakan UPT Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. BPMPK bertugas mengembangkan model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan. BPMPK menghasilkan model-model multimedia sehingga konten pembelajaran dikemas mengikuti perkembangan zaman. 

m-edukasi ABK_Rani Nawang Sari

Fitur Pendukung Rumah Belajar ini memiliki banyak konten menarik. Konten tersebut adalah Virtual Laboratorium, Katalog Media, Edustore, Komunitas, MPI ABK, E-komik, E-Budaya, Stok Media, Teaching Aids, Mobile Edukasi, MPI Online, dan MPI Offline. Menarik disini karena m-edukasi membuat konten MPI ABK yang dipersembahkan untuk anak berkebutuhan khusus. Melalui konten ini ABK akan mendapatkan pengalaman baru dalam belajar.

M-edukasi sebagai Fitur Pendukung Rumah Belajar juga memperhatikan kebutuhan para ABK sehingga empat indikator kualitas hidup terpenuhi. Indikator tersebut adalah :

1. To live

Setiap peserta didik berhak untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan bakat dan potensi yang dimilikinya tanpa harus dihambat atau dihalangi dengan keterbatasan yang dimilikinya.

2. To love

Setiap peserta didik harus menerima pembelajaran yang membahagiakan. Dimana mereka akan merasa dihargai dan dihormati. Sehingga akan tumbuh rasa saling mengasihi antara sesama tanpa memandang keterbatasan yang ada.

3. To play

Setiap peserta didik berhak untuk mendapatkan pendidikan dan pengembangan diri sesuai dengan kodrat alamnya (minat, bakat, potensi yang dimiliki). Guru wajib memfasilitasi peserta didik agar dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik walau dengan keterbatasan yang ada.

4. To work

Setiap peserta didik harus diberikan kesempatan untuk mampu berdaya diatas kekuatan sendiri. Sehingga peserta didik dapat mengembangkan diri untuk mencapainya. Keterbatasan bukan hambatan, dibalik keterbatasan terdapat potensi yang potensial untuk dikembangkan. 

Melalui fitur ini para ABK juga merasakan merdeka belajar. 

Post a Comment

  1. Mantap Bu Rani...m edukasi ini sangat membantu sekali ya. Terimakasih Bu infonya. Salam dari Bu Rochma.. heheh.

    ReplyDelete
  2. Ilmu nya sungguh
    bermanfaat mbak🙏
    Mksih😍

    ReplyDelete

Powered by Blogger.