Saat mengetahui bahwa saya menjadi peserta Pembatik Level 4 maka, saya sudah berniat akan melakukan sosialisasi Merdeka Belajar Melalui Rumah Belajar di SMAN 1 Bumi Agung Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung. Saya sudah bertekad untuk melakukan sosialisasi disini karena ini adalah tempat rekan terdekat saya berada. Saya bertugas di sekolah ini selama lima tahun dari 2009 sampai 2014. Banyak cerita tertulis di sekolah ini. Memahami dengan sangat bagaimana karakter guru dan murid disana. Untuk itu saya tidak menyesal melakukan sosialisasi, walau jarak yang jauh dan harus memboyong suami dan anak.. 

Sosialisasi Rumah Belajar di SMAN 1 Bumi Agung_Rani Nawang Sari



Saya ingin mudik, itu kalimat yang saya ucapkan kepada Kepala Sekolah saat saya melakukan pembicaraan via telpon. Kepala Sekolah menyambut baik permohonan izin sosialisasi saya, dan dengan senyum dibibir optimis melakukan sosialisasi di SMAN 1 Bumi Agung. 

Saat melakukan paparan saya mengatakan bahwa saya ingin membagikan oleh-oleh kepada rekan-rekan. Oleh-oleh yang saya bawa ini merupakan hasil perjalanan saya di pelatihan Pembatik yang diselenggarakan oleh Pusdatin secara daring. Mengenai konsep Merdeka Belajar, hal ini saya dapatkan dari Pembekalan Calon Pendamping Guru Penggerak. Alhamdulillah sekarang saya berstatus sebagai Pendamping Guru Penggerak. 

Bagaimana konsep Merdeka Belajar Melalui Rumah Belajar agar Indonesia semakin maju. Guru harus memandang anak dengan rasa hormat, harus terampil menciptakan pembelajaran yang membahagiakan anak. Guru harus bisa membimbing anak menguasai keterampilan abad 21 dimana mereka siap terjun di masyarakat. Guru harus bersiap untuk itu. Rumah Belajar merupakan salah satu solusi untuk semua hal itu. 

Berikut video pelaksanaan sosialisasi


Post a Comment

Powered by Blogger.