Desain MERRDEKA ini memungkinkan setiap peserta untuk memperoleh pengalaman belajar berbasis inkuiri apresiatif. Saya tidak mendapatkan pengalaman belajar yang bersifat satu arah seperti pelatihan yang pernah saya ikuti. Pada modul ini, proses pembelajarannya mengharuskan saya lebih banyak mengajukan pertanyaan, melakukan eksplorasi, melakukan refleksi, berkolaborasi, dan melakukan demonstrasi. Hal ini membuat keaktifan dalam mengikuti setiap instruksi yang diberikan mempengaruhi pemahaman dan pengembangan kompetensi saya. Untuk mendapatkan pemahaman yang maksimal saya harus mengikuti dan menikmati setiap proses belajar yang diberikan pada modul ini.
Pada kegiatan mulai dari diri saya akan melihat video, menganalisis jurnal, dan menjawab pertanyaan kunci. Kegiatan eksplorasi, ruang kolaborasi dan refleksi terbimbing dilakukan diskusi dengan sesame peserta dan instruktur melalui aplikasi zoom. Untuk kegiatan demonstrasi kontekstual saya membuat rencana implementasi sesuai hasil diskusi yang telah dilakukan untuk dikomentari oleh sesama peserta. Elaborasi pemahaman saya menilai tugas peserta lain sesuai rubrik yang ada. Membuat peta pikiran adalah hal yang saya lakukan pada kegiatan koneksi antar materi. Pada tahap akhir yaitu aksi nyata saya membuat rencana penerapan dari apa yang telah dipahami hari ini.
Pelatihan dengan konsep seperti ini membuat saya antusias, semangat dan nyaman. Tidak sadar saya belajar banyak hal dari hal ini. Suatu hal yang baru untuk saya. Sepertinya konsep pada pelatihan ini bisa saya adaptasi untuk pembelajaran dikelas.
Post a Comment