Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : KIMIA
Materi Pokok :
BENTUK MOLEKUL
Alokasi Waktu :
4 X 45 menit
A.
Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi
sikap: menghayatidan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”
KI3: Memahami,menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,konseptual, prosedural,dan
metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni,budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan
peradaban terkait penyebabfenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang
kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk
memecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar (KD), Indikator Pencapaian Kompetensi
No |
KOMPETENSI
DASAR |
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI |
|
Kompetensi
Pengetahuan 3.6
Menerapkan
Teori Pasangan ElektronKulitValensi(VSEPR)dan Teori Domain elektron dalam
menentukan bentukmolekul |
3.6.1
Menjelaskan konfigurasi elektron pada suatu atom 3.6.2
Menentukan elektron valensi suatu atom 3.6.3
Meramalkan bentuk molekul berdasarkan konfigurasi elektron 3.6.4 Menggambarkan ikatan dengan menggunakan
struktur Lewis 3.6.5
Menjelaskan pasangan elektron kulit valensi (VSEPR) 3.6.6
Menjelaskan teori Domain elektron 3.6.7 Menerapkan teori pasangan
elektron kulit valensi (VSEPR) dalam menentukan bentuk molekul 3.6.8 Menerapkan teori domain
dalam menentukan bentuk molekul 3.6.9
Menentukan gaya antar molekul dalam satu senyawa bentuk molekul |
|
Kompetensi
Keterampilan 4.6 Membuat model
bentuk molekul dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar
atau perangkat lunak komputer |
4.6.1
Mengumpulkan informasi tentang bentuk molekul 4.6.2
Merancang pembuatan model molekul dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di
lingkungan sekitar 4.6.3
Menyajikan rancangan model molekul dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di
lingkungan sekitar 4.6.4
Membuat
model bentuk molekul dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di lingkungan
sekitar |
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui
model pembelajaran discovery learning dengan
menggali informasi berdasarkan identifikasi masalah dari berbagai sumber
belajar, penyelidikan dan mengolah informasi, diharapkan siswa terlibat
aktif selama proses belajar mengajar berlangsung, memiliki sikap ingin tahu, teliti dalam melakukan pengamatan dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan,
memberi saran dan kritik, serta dapat menerapkan
Teori
Pasangan Elektron Kulit Valensi (VSEPR) dan Teori Domain elektron dalam
menentukan bentuk molekul serta dapat membuat model bentuk molekul dengan
menggunakan bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar atau perangkat lunak
computer.
D.
Materi Pembelajaran
1. PEI dan PEB
2. Teori Pasangan
Elektron Kulit Valensi (VSEPR)
3. Teori Domain Elektron
4.
Bentuk Molekul
E.
Metode Pembelajaran
Metode : Diskusi kelompok,
eksperimen, tanya jawab, dan penugasan
Model : Discovery learning
F.
Media Pembelajaran
1.
Media/Alat : Lembar Kerja, LCD, media belajar inter
aktif (animasi)
2.
Bahan ajar : Bahan presentasi, gambar-gambar animasi bentuk
molekul
G.
Sumber belajar
Unggul Sudarmo. Buku Kimia SMA kelas X. Erlangga. 2016.
Internet
Lingkungan sekitar
H.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke 1
TAHAP PEMBELAJARAN |
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
Nilai-nilai karakter |
ALOKASI WAKTU |
|
A.
Kegiatan Pendahuluan |
||||
Pendahuluan (persiapan/orientasi) |
a.
Guru memberi
salam dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai, dilanjutkan mengecek
kehadiran peserta didik. b.
Guru meminta
peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas secara bersama-sama,
minimal sekitar tempat duduknya tidak ada sampah. c.
Guru
menyampaikan tujuan yang akan dicapai berkaitan dengan bentuk molekul d.
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi bentuk molekul e.
Guru
menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan
saat membahas materi bentuk molekul |
Religius Integritas Peduli lingkungan Gotong royong |
10 menit |
|
Apersepsi |
Guru memberi apersepsi tentang konfigurasi elektron
dan ikatan kimia |
|
|
|
Motivasi |
Guru mengajak peserta didik
untuk sama-sama mencari hubungan antara konfirmasi elektron, ikatan kimia
dengan bentuk molekul |
Critical thinking kemandirian |
|
|
B. Kegiatan Inti |
||||
a.
Stimulus |
Peserta didik memperhatikan dan mengamati video tentang bentuk-bentuk molekul
yang ditayangkan oleh guru |
Kemandirian Rasa ingin tau |
70 menit |
|
b.
Identifikasi Masalah |
Peserta didik
membagi diri dalam beberapa kelompok Tiap kelompok terdiri 6–7 orang. Peserta didik mengidentifikasi
tayangan dalam video tersebut. Pada kegiatan ini diharapkan muncul pertanyaan-pertanyaan kritis dari peserta didik/guru, antara lain: Mengapa bisa terbentuk bermacam- macam
bentuk molekul? |
Collaboration Critical thinking Creativity, critical thinking |
|
|
c. Pengumpulan
Data |
1)
Peserta didik dengan teliti mencari dan mengumpulkan data/informasi untuk mencari PEI dan PEB secara
berkelompok 2)
Peserta didik mencari data teori pasangan elektron kulit
valensi (VSEPR) dan teori domain elektron (Guru memberikan
informasi kepada peserta didik bahwa waktu telah habis, kegiatan pembelajaran
akan dilanjutkan pada pertemuan berikutnya) |
Transfer knowledge Gotong royong literasi |
|
|
C. Kegiatan Penutup |
||||
Penutup |
a.
Memfasilitasi
peserta didik untuk mereview pembelajaran yang telah dilaksanakan. b.
Melaksanakan
penilaian untuk mengetahui ketercapaian indikator c.
Memberikan
tugas kepada peserta didik berupa menelaah hubungan antara PEI, PEB dengan
teori VSEPR dan teori domain elektronMenugaskan kepada peserta didik untuk membawa balon sebanyak 2 tiap
orangnya pada pertemuan berikutnya d.
Berdoa bersama dan memberi salam |
Religius |
10 menit |
|
Pertemuan Ke 2
TAHAP PEMBELAJARAN |
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
Nilai-nilai karakter |
ALOKASI WAKTU |
|
A.
Kegiatan Pendahuluan |
||||
Pendahuluan (persiapan/orientasi) |
a.
Guru memberi
salam dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai, dilanjutkan dengan
mengecek kehadiran peserta didik. b.
Guru meminta
peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas secara bersama-sama,
minimal sekitar tempat duduknya tidak ada sampah. c.
Guru
menyampaikan tujuan yang akan dicapai berkaitan dengan menentukan bentuk
molekul |
Religius Integritas Peduli lingkungan Gotong royong |
10 menit |
|
Apersepsi |
Guru memberikan apersepsi tentang PEI, PEB |
|
|
|
Motivasi |
Guru meminta peserta didik kembali ke kelompok masing-masing. Guru meminta siswa untuk mengeluarkan balon
yang ditugasi utk dibawa dan meniupnya |
Collaboration integritas |
|
|
B.
Kegiatan Inti |
||||
d.
Pengolahan data |
1. Peserta didik menentukan bentuk molekul dari teori pasangan
elektron kulit valensi (VSEPR) dan teori domain elektron 2. Peserta
didik merangkai balon-balon sesuai dengan bentuk molekul yang didapatnya |
Collaboration critical thinking , Creativity |
70 menit |
|
e. Memverifikasi
data |
1. Perwakilan
kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok di depan kelas 2. Peserta didik membandingkan hasil diskusi antar kelompok untuk
mengklasifikasi
dan menganalisis bentuk
molekul beberapa senyawa 3. Perwakilan
kelompok lain memberikan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok yang tampil |
communication |
|
|
f.
Menyimpulkan |
Peserta didik
bersama dengan guru menyimpulkan hasil
diskusi pada permasalahan bentuk
molekul |
Comunication |
|
|
C.
Kegiatan
Penutup |
||||
Penutup |
a.
Memfasilitasi
peserta didik untuk mereview pembelajaran yang telah dilaksanakan. b.
Melaksanakan
penilaian untuk mengetahui ketercapaian indikator c.
Memberikan tugas
kepada peserta didik berupa membuat laporan hasil diskusi d.
Berdoa dan
memberi salam |
Mandiri religius |
10 menit |
|
I.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian:
a.
Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan/Jurnal
b.
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian Keterampilan : Portofolio
2.
Bentuk Penilaian:
a.
Observasi : lembar pengamatan aktivitas peserta
didik
b.
Tes tertulis : uraian dan lembar soal
c.
Unjuk kerja : lembar penilaian
presentasi
d.
Portofolio : penilaian tugas
Mengetahui :
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Post a Comment